Berita dan Informasi


Sumber Daya Manusia, atau HR (Human Resources) adalah cabang dari konsultan manajemen yang berfokus pada proses secara efektif memanfaatkan personil untuk memperoleh tujuan organisasi. Yang terbaik, konsultasi SDM membantu untuk mengembangkan sebuah model sumber daya manusia yang membahas kebutuhan bisnis yang spesifik dengan cara yang melayani kepentingan terbaik dari kedua perusahaan dan angkatan kerja karyawan. Seorang konsultan SDM yang profesional dan efektif akan dapat menasihati perusahaan-perusahaan dalam berbagai isu yang dapat membantu bisnis untuk menjadi perusahaan yang lebih produktif dan terpadu.

Berbagai keterampilan penggunaan sebagai bagian dari proses konsultasi SDM. Konsultan SDM mungkin memiliki latar belakang dalam disiplin ilmu seperti akuntansi dan keuangan, masalah hukum yang berkaitan dengan masalah personil, paket kesehatan dan manfaat, dan manajemen pendidikan. Seorang konsultan sumber daya manusia juga dapat memegang mandat dalam bidang tertentu dari sumber daya manusia.
Konsultan HR adalah manfaat untuk bisnis dari setiap ukuran dan deskripsi. Start-up perusahaan mungkin memerlukan bimbingan dalam menetapkan kebijakan dan prosedur yang sesuai dengan hukum yang berlaku yang berkaitan dengan perekrutan dan pemecatan personil.

Perusahaan kecil mungkin menemukan bahwa memanggil seorang konsultan SDM untuk membantu dalam mengambil sebuah program baru lahir ke tingkat yang baru, seperti mengembangkan sebuah buku pedoman karyawan, akan menciptakan banyak manfaat dalam hal produktivitas. Konsultasi HR mungkin membantu perusahaan besar dalam membangun proses pengaduan mediasi atau mengevaluasi ukuran saat tim sumber daya manusia dan membuat saran tentang cara untuk mereorganisasi departemen untuk keuntungan terbaik.

Klien dapat memilih untuk menyewa perusahaan konsultan atau konsultan SDM untuk suatu tugas tertentu atau sebagai cara meningkatkan fungsi sumber daya manusia secara keseluruhan. Konsultan atau perusahaan mungkin kontrak untuk mengatasi masalah spesifik dan tetap terlibat sampai masalah ini sepenuhnya diselesaikan. Dalam situasi lain, perusahaan atau konsultan dapat kontrak dengan klien untuk merubah seluruh upaya SDM, mencurahkan mana saja dari tiga bulan sampai satu tahun untuk proyek.

Dalam semua kasus, tujuan akhir dari konsultasi SDM adalah untuk meninggalkan klien dengan departemen sumber daya yang solid dan sepenuhnya efisien manusia. Departemen akan memiliki pedoman dan prosedur khusus yang dapat beradaptasi dengan setiap jenis masalah personil dan semua karyawan ditugaskan untuk departemen akan memiliki pemahaman yang jelas tugas dan tanggung jawab mereka. Ketika konsultan HR  sepenuhnya berhasil mencapai tujuan-tujuan ini, konsultan menjadi berlebihan dan tidak lagi diperlukan agar perusahaan untuk kompeten menangani masalah sumber daya manusia.

Sumber : ropotenzia.com