Memanfaatkan waktu luang kantor

Hal ini mestinya tidak untuk saya kemukakan disini, akan tetapi tidak adak salahnya untuk berbagi dengan orang lain. saya bekerja di Pemerintah kota cilegon sebagai tenaga kerja kontrak (TKK), pengabdian saya di Pemerintah Kota Cilegon sudah lima tahun berjalan setelah saya menerima surat keputusan Walikota Kota Cilegon  Nomor : 814/KEP.83-BKD/2010 Tentang : Pengangkatan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) Pemerintah Kota Cilegon Tahun Anggaran 2010. Surat Tugas (Kepala BPMKP Kota Cilegon) Nomor :800/456/Sekret, Per Tanggal 26 Juli 2010 Pelaksana Keuangan BPMKP Kota Cilegon. Dengan Uraian tugas pokok dan fungsi :
  1. Membuat RKA
  2. Membuat Data Entri Surat Pernyataan SPP UP, SPP LS, SPP GU, SPP Gaji 
  3. Membuat Data Entri Pembuatan SPP UP, SPP LS, SPP GU, SPP Gaji 
  4. Membuat Data Entri SPM UP, SPM LS, SPM GU, SPM Gaji 
  5. Membuat Data Entri SPJ dan Pengesahan SPJ 
  6. Mencetak Surat Pernyataan SPP UP, SPP LS, SPP GU, SPP Gaji 
  7. Mencetak  SPP UP, SPP LS, SPP GU, SPP Gaji 
  8. Mencetak SPM UP, SPM LS, SPM GU, SPM Gaji 
  9. Mencetak Rincian SPJ 
  10. Mencetak Pengesahan SPJ 
  11. Mencetak Verifikasi SPM UP, SPM LS, SPM GU, SPM Gaji 
  12. Melakukan Import dan Exsport SPM UP, SPM LS, SPM GU, SPM Gaji 
  13. Mencetak Laporan Buku Kas Pengeluaran 
  14. Mencetak Laporan SPJ Pengeluaran Administratif dan Fungsional 
  15. Mencetak Laporan Buku Pembantu Bank 
  16. Mencetak Laporan Buku Kas Tunai 
  17. Mencetak Laporan Realisasi Anggaran (LRA, LRA Periode, LRA Obyek Rincian) 
  18. Mencetak Laporan Pengawasan Anggaran Definitif Per Kegiatan 
  19. Export SP2D      

Seiring berjalannya waktu, Februari 2014 saya mencoba bergabung menjadi distributor Tiens dengan Nomor ID. 95416327 a.n A. Rukmana, dengan suatu alasan bahwa diantara pedoman yang bisa digunakan dalam memilih bisnis MLM yang aman dan sesuai syariah adalah sebagaimana termuat dalam Fatwa DSN No. 75/DSN-MUI/VII/2009, yaitu;

  • Adanya objek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa produk atau jasa.
  • Barang atau jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan (ilegal) dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram (ilegal)
  • Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur fiktif (gharar), perjudian (maysir), riba, exploitasi (dharar), menganiaya/merugikan (dzulm) dan ada unsur-unsur perbuatan dosa (maksiat)
  • Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh.
  • e.     Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS
  • Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa
  • Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’ (menghalalkan segala cara demi terpenuhinya bonus besar)
  • Tidak ada eksploitasi dan ketidak adilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya
  • Sistem perekrutan anggota, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan keimanan (aqidah), hukum agama (syariah) dan akhlak (etika) mulia, seperti animisme/dinamisme,(syirik), kultus, perbuatan dosa (maksiat) dan lain-lain
  • Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut.

Dalam menjalankan bisnis tienshi ini, saya memcoba dengan membangun toko online dengan menggunakan blog, seperti www.banten11.blogspot.com dan www.panensubur.blogspot.com blog banten11 ataupun panensubur merupakan hasil karya walaupun desain blog tersebut asal –asalan tidak layaknya seperti website atau blog yang kelihatannya professional.


Kembali kepokok kaitan dengan tema diatas, “Memanfaatkan waktu luang kantor” saya biasanya hanya oprek-oprek blog, berpikir bagaimana blog yang saya miliki itu menarik dan banyak pengunjung. Membaca surat kabar online, republika, islamhouse, Irib, eramuslim, lihat bonus tiens di TiensMobile Information System (TMIS) dsb. Intinya bagaimana pengetahuan saya bertambah dan berpenghasilan tiap harinya. Dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Oh ya jikalau anda bertanya berapa sampingan yang saya dapat di tiens, anda bisa klik sini. Dan itupun penghasilan yang kita dapat tergantung bagaimana kita. 


kiranya anda tertarik untuk menjalankan bisnis nih, atau hanya sekedar komsumsi produk tiens untuk trapi penyembuhan penyakit anda bisa TLP/SMS EKA 081806500996 BB.279BE090 Alamat. Komplek Bukit Ciracas ermai Rt,01/10 Blok B.II No.4 Kota Serang-Banten