Pentingnya meng-online-kan bisnis tienshi syariah

Karena apa? Karena dengan bisnis online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa menggangu aktivitas dan kepentingan keluarga. Bisnis online bisa menggunakan media komunikasi gadget seperti galaxsi tab, smart phone dan PDA. Bisnis online tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan relatif tanpa modal. Hanya dengan menggunakan media komunikasi dan foto produk sebagai pemasarannya. Bisnis online tidak membutuhkan kontak fisik langsung antara penjual dan pembeli, sehingga tidak membutuhkan waktu yang menyita dan sarana transportasi. Bisnis online tidak membutuhkan tempat atau ruang toko penjualan yang membutuhkan lokasi strategis dan modal yang besar. Banyak alasan  “karena” yang akhirnya memantapkan langkahku untuk menyeriusi bidang ini.

Dalam berbisnis online bukan berarti kita harus memiliki produk sendiri untuk dapat menjalankan bisnis online ini. Kita dapat menjalankan bisnis ini dengan menjual produk orang lain dan akan mendapatkan komisi dari tiap penjualan.

Mekanisme yang aku lakukan adalah dropshipping. Dropshipping adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper (reseller) menjual barang ke pelanggan dengan bermodalkan foto (tanpa harus menyetok barang) dan menjual ke pelanggan dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper.

Setelah pelanggan mentransfer uang ke rekening dropshipper, dropshipper membayar kepada supplier sesuai dengan harga beli dropshipper (ditambah dengan ongkos kirim ke pelanggan) serta memberikan data-data pelanggan (nama, alamat, no. ponsel) kepada supplier. Barang yang dipesan akan dikirim oleh supplier ke pelanggan/pembeli. Namun, yang menarik, nama pengirim yang tercantum tetaplah nama si dropshipper. Jadi, intinya ada 3 komponen yang terlibat di sini, yaitu: dropshipper, supplier, dan pembeli.
 
Berikut beberapa alasan mengapa bisnis harus mulai “Go Internet” :
1. Pasar yang luas
  • Internet merupakan pangsa pasar yang sangat besar. Anda dapat memperkenalkan usaha, produk dan jasa Anda keseluruh dunia. Dengan potensi ini maka kapanpun dan dimanapun, usaha, produk dan jasa Anda dapat menjangkau calon konsumen secara lebih luas. 
2. Tanpa batasan waktu.
  • Informasi mengenai usaha Anda dapat diakses selama 24/7 bahkan tanpa mengenal tanggal merah dan hari libur. It’s amazing, karena calon konsumen tidak terhalang oleh waktu dalam mendapatkan informasi. 
3. Membangun kredibilitas dan reputasi.
  • Di zaman era modern ini, banyak orang mencari informasi melalui media Internet. Anda dapat menunjukan pengalaman dan pengetahuan Anda sesuai dibidang yang Anda tekuni, sehingga orang tahu kalau Anda serius dan profesional di bidang Anda tersebut. Selain itu, semakin banyak orang mengunjungi usaha Online Anda ini, maka nama usaha Anda juga semakin dikenal. 
4. Membangun komunikasi.
  • Melalui media Internet, Anda dapat berinteraksi dengan konsumen atau calon konsumen dengan cepat bahkan real time. Dengan ini, maka Anda dapat menerima, menanggapi dan menjawab setiap saran / pertanyaan / orderan dengan lebih cepat juga. 
5. Operasional yang lebih terjangkau.
  • Biaya untuk memperkenalkan usaha Anda secara online akan jauh lebih terjangkau, karena kita dapat memanfaatkan social media seperti  Facebook dan Twitter untuk menjangkau dan memberikan informasi kepada calon konsumen kita. Apalagi jika usaha Anda ini sudah masuk dalam jajaran top ten di search engine Google, maka usaha online Anda ini akan makin dikunjungi banyak orang. Cukup melakukan promosi secara online dan Anda akan menemukan bahwa hal ini akan membantu bisnis Anda.