Tubuh Sehat Sampai Tua Dengan Kalsium Tiens

Bila ingin memiliki tubuh sehat dengan tulang yang kuat sampai tua, anda mutlak mengkomsumsi kalsium sesuai dalam jumlah cukup setiap hari. Sebab, kalsium merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Bila asupannya kurang dari semestinya, proses pembentukan sel-sel tulang tidak akan optimal. Dampak buruknya memang tidak dirasakan seketika, melainkan akan muncul beberapa tahun ke depan, terlebih menjelang usia senja.
Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, setiap orang perlu mencermati klasifikasi yang sesuai dengan dirinya, karena kebutuhan kalsium setiap orang tidak sama, bergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi fisik masing-masing. Secara umum setiap hari orang dewasa perlu mengkomsumsi kalsium sebanyak 600-800 mg. ibu hamil dan menyusui 1500-200 mg. kalsium per hari. Sedangkan bayi dan manula perlu 1000-1200 mg kalsium per hari

Kekurang Kalsium dapat menimbulkan berbagai masalah Diantaranya:
  • Pertumbuhan terlambat, imunitas tubuh menurun sehingga mudah terserang influenza, pertumbuhan kurang baik, kebusukan gigi, dan mata minus.
  • Keram otot, tegang dan sulit tidur, jantung berdebar tak normal, badan sering pegal
  • Pada wanita hamil dan menyusui bisa menimbulkan gigi linu, punggung dan punggung linu, tegang, lemah, mual dipagi hari, insomnia dan ram.
  • Pada bayi dan anak-anak menyebabkan muncul gelala suka menangis, tidur tidak nyenyak, sering terbangun dimalam hari.
  • Pada manula bisa mengakibatkan insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut, sakit pinggang dan pinggang ngilu.
Masalah-masalah yang timbul akibat kekurangan kalsium banyak bermunculan karena ternyata kebutuhan terhadap kalsium tidak bisa dipenuhi hanya dari makanan harian. Penelitian mengungkapkan, rata-rata asupan kalsium orang asia, termasuk Indonesia, kurang dari 400-500 mg per hari. Angka ini hanya mencakup 30% - 50% dari standar yang ditetapkan WHO (Badan Kesehatan Dunia) karena itu penting bagi setiap orang untuk mencukupi asupan kalsium dengan mengkomsumsi suplemen kalsium secara rutin agar kesehatan tubuhnya terus terjaga sampai tua