Cara Melindungi Kesehatan Paru-Paru dengan Mudah

Gambar Paru-Paru Manusia

Lingkungan udara sekitar kita kini sudah tidak sehat lagi. Polusi udara terjadi dimana-mana, dan kita sulit menghindarinya. Tanpa disadari, organ paru-paru kita terbebani. Paru-paru berfungsi memasok oksigen ke dalam tubuh untuk proses respirasi (pernafasan) sel, dan lewat paru-paru pulalah tubuh membuang kelebihan karbondioksida sebagai limbah beracun dari proses respirasi tersebut. Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida ini harus terjadi terus menerus agar organ-organ tubuh lain tetap “hidup” dan berfungsi dengan baik.
Zat-zat polutan yang berterbangan di udara setiap saat bisa hinggap di paru-paru dan menyebabkan paru-paru mengalami peradangan. Kondisi ini tidak menguntungkan karena bisa melemahkan fungsi paru-paru dalam memasok oksigen ke dalam tubuh.
Dalam konsisi normal, paru-paru pria dewasa mampu menampung 4,5 – 5 liter udara. Sementara kapasitas paru-paru wanita dewasa berkisar 3-4 liter udara. Bila fungsi paru-paru melemah, maka kemampuannya untuk menampung udara lebih rendah dari semestinya. Ini akan mengakibatkan sel-sel tubuh kekurangan oksigen dan bila tidak segera diatasi akan menimbulkan dampak serius yang membahayakan jiwa.

Waspadai Batuk

Gangguan fungsi paru-paru biasanya ditandai dengan munculnya gejala awal berupa batuk-batuk dan tubuh menjadi cepat lelah. Karena itu jangan pernaj meremehkan batuk. Bila mengalami batuk lebih dari 2 minggu, patut waspada fungsi paru-paru dalam bahaya. Segeralah berkonsultasi dengan dokter sebelum kondisi bertambah buruk. Berikut inin beberapa ragam penyakit paru yang banyak terjadi di Indonesia.
  • Tuberkulosis (TBC)
Disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk. Gejalanya penderita mengalami batuk berdahak lebih dari tiga minggu, mengalami demam khususnya pada siang atau sore, dan berkeringat pada malam hari. Nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus.
  • Asma
Penyebabnya adalah penyempitan sementara pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penderitanya merasakan sesak napas. Faktor keturunan sangat berperan pada penyakit ini, bila ada orangtua atau kakek nenek yang menderita penyakit ini dapat menurun kepada anak atau cucunya.
  • Bronkitis
Terjadi karena terdapat peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu, atau polutan udara. Gejalanya: batuk disertai demam atau dahak berwarna kuning bila disebabkan oleh infeksi kuman.
  • Pneumonia
Merupakan infeksi yang terjadi pada jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri streptokokus dan bakteri Mycoplasma pneumonia. Gejalanya: batuk berdahak dengan dahak kental dan berwarna kuning, sakit dada dan sasak napas juga disertai demam tinggi.

Imunitas Tubuh

Penurunan fungsi paru-paru berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Fungsi paru-paru akan terlindungi bila daya tahan tubuh cukup kuat menangkis peradangan yang diakibatkan oleh za-zat polutan. Karena itu penting sekali bagi orang-orang yang tinggal diperkotaan atau daerah-daerah yang terkontaminasi polusi udara untuk memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Caranya dengan memperhatikan asupan gizi dan senantiasa memilih menu makanan yang sehat dengan gizi seimbang, rajin TIENS Muncord Capsulesberolah raga, dan menghentikan kebiasaan merokok. Mengkonsumsi suplemen kesehatan yang berkhasiat memperkuat daya tahan tubuhm dapat menjaga paru-paru berfungsi dengan baik.
TIENS telah menyediakan suplemen yang cocok untuk menjaga kesehatan paru-paru, yaitu Muncord Capsules. Produk ini yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mengobati berbagai penyakit pernapasan. Muncord Capsules dapat membersihkan paru-paru dari kuman, virus dan zat-zat beracun yang menyebabkan peradangan sehingga dapat mengembalikan fungsi paru-paru seperti sedia kala.