Kenali Stadium Kanker Serviks Sekarang Juga!

Stadium Kanker Serviks
Diinformasi kesehatan sebelumnya kita membahas apa itu kanker serviks? Seperti yang kita kenal memang kanker itu sendiri termasuk salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia, namun tentu alangkah baiknya jika sebuah penyakit yang mengerikan tersebut kita lakukan pencegahan. Tentunya tindakan pencegahan dapat kita lakukan jika kita sudah mengenali ciri dari kanker serviks itu sendiri. Biasanya hal ini disebut Stadium Kanker Serviks. Berikut beberapa informasi penting yang bisa anda pelajari.

Deteksi Dini

Pemerintah melalui Departemen Kesehatan menghimbau agar semua wanita yang menikah atau pernah melakukan hubungan seksual agar melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin di rumah sakit atau laboratorium klinik.
Pap smear merupakan salah satu metode standar yang cukup efektif mendeteksi apakah seorang wanita terinfeksi HPV atau tidak. Deteksi dini menjadi penting, mengingat infeksi HPV onkogenik tidak sekejab mata menimbulkan kanker. Ada masa preinvasif atau masa pertumbuhan bagi sel-sel abnormal untuk berubah menjadi ganas (kanker). Masa preinvasif ini memakan waktu antara 5 sampai 20 tahun, dimulai dari tahap infeksi, lesi prakanker (masa awal kanker serviks), hingga positif menjadi kanker serviks. Infeksi HPV onkogenik yang menetap dalam jangka panjanglah yang akhirnya berkembang menjadi kanker. Dengan melakukan deteksi dini, keberadaaan infeksi HPV dapat diketahui lebih awal sehingga dapat dilakukan tindakan pengobatan infeksi yang dapat mencegah berkembangnya penyakit menjadi kanker serviks stadium lanjut.
Secara garis besar, perkembangan sel-sel kanker digambarkan dalam lima stadium.
  • Stadium 0 : sel-sel kamker hanya ditemukan pada lapisan terdalam serviks.
  • Stadium 1 : sel kanker ditemukan hanya pada leher rahim saja.
  • Stadium 2 : sel kanker mulai menyebar ke luar leher rahim, namun tidak sampai ke dinding panggul.
  • Stadium 3 : kanker serviks sudah menyebar ke wilayah sepertiga bagian bawah vagina, mungkin sudah menyebar ke dinding panggul dan atau menyebabkan ginjal tidak berfungsi lagi.
  • Stadium 4 : kanker serviks sudah menyebar ke kandung kemih, rectum, ginjal atau bagian tubuh lain seperti jantung, paru-paru, tulang, liver dan lain-lain.
Bila kanker sudah mencapai stadium 2, penderita umumnya disarankan menjalankan operasi pengangkatan rahim dan menjalankan terapi tambahan seperti radiasi dan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang sudah menyebar. Tindakan ini, kendati memakan biaya yang besar dan menimbulkan efek samping yang cukup berat, tidak menjamin kesembuhan 100%. Tetap saja, pengobatan yang tepat pada fase dini (stadium 0) memberikan peluang kesembuhan yang lebih baik.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

  • Muncul rasa sakit dan pendarahan pada saat berhubungan intim (contact bleeding)
  • Keputihan yang berlebihan dan tidak normal.
  • Pendarahan di luar siklus menstruasi.
  • Penurunan berat badan yang drastic.
  • Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, pasien akan menderita keluhan nyeri punggung.
  • Mengalami hambatan dalam berkemih (buang air kecil), serta mengalami pembesaran ginjal.

5 Langkah Pencegahan

Berikut ini adalah 5 langkah pencegahan yang dapat dilakukan guna menangkal kanker serviks.
  1. Tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti.
  2. Bagi yang sudah aktif secara seksual, rutin melakukan pap smear minimal setiap dua tahun sekali.
  3. Bagi yang belum pernah melakukan hubungan seksual, dapat melakukan vaksinasi HPV. Vaksinasi ini akan memberikan hasil yang efektif dan dapat menurunkan risiko terkena kanker serviks hingga 75 % bila diberikan pada wanita usia 9 – 26 tahun yang belum aktif secara seksual.
  4. Memelihara kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.
  5. Rutin mengonsumsi food supplement yang kaya anti-oksidan dan dapat memperkuat imunitas tubuh, seperti TIENS Muncord Capsules dan TIENS Spirulina Capsules. Bila terdiagnosa mengidap kanker serviks, tambahkan TIENS Chitin Chitosan Capsules yang berkhasiat mencegah pertumbuhan sel kanker dan membersihkan racum di dalam tubuh.
Ayo kini saatnya kita menjaga orang-orang yang kita cintai, apakah itu ibu, istri, adik, kakak, teman, atau keluarga kita yang lain. Cegahlah sebelum terlambat!