METODE ASSESSMENT PSIKOLOGI


Ada banyak metode penilaian yang digunakan dalam istitusi pendidikan tinggi untuk menilai prestasi siswa, tapi bagaimana untuk memilih?

Tujuan utama assessmen psikologi adalah untuk memilih metode yang paling efektif menilai tujuan dari unit studi. Selain itu, pilihan metode penilaian harus selaras dengan tujuan keseluruhan dari program, dan mungkin termasuk pengembangan keterampilan disiplin (seperti evaluasi kritis atau pemecahan masalah) dan mendukung pengembangan kompetensi kejuruan (seperti komunikasi tertentu atau keterampilan tim .)Oleh karena itu, ketika memilih suatu item penilaian, hal ini berguna untuk memiliki satu mata pada tugas langsung menilai belajar siswa dalam suatu unit tertentu studi, dan mata lain pada tujuan yang lebih luas dari program dan kualitas dari siswa lulus. Idealnya ini adalah sesuatu yang Anda lakukan dengan rekan akademik Anda sehingga ada strategi penilaian yang direncanakan di seluruh program.

Ketika mempertimbangkan metode penilaian, sangat berguna untuk berpikir pertama tentang apa kualitas atau kemampuan Anda sedang mencari untuk menimbulkan dalam pembelajar. Nightingale dkk (1996) memberikan delapan kategori luas dari hasil belajar yang tercantum di bawah ini. Dalam setiap kategori yang cocok beberapa metode yang disarankan.

1. Berpikir kritis dan membuat penilaian
(Mengembangkan argumen, mencerminkan, mengevaluasi, menilai, menghakimi)
Karangan
Laporan
Jurnal
Surat Nasihat untuk …. (Tentang kebijakan, kesehatan masyarakat hal …..)
Menyajikan sebuah kasus untuk sebuah kelompok kepentingan
Siapkan kertas briefing panitia untuk pertemuan tertentu
Resensi buku (atau artikel) untuk jurnal tertentu
Menulis sebuah artikel surat kabar untuk sebuah koran asing
Komentar pada perspektif teoretis sebuah artikel yang

2. Memecahkan masalah dan mengembangkan rencana
(Mengidentifikasi masalah, berpose masalah, mendefinisikan masalah, menganalisa data, informasi meninjau, merancang percobaan, perencanaan, menerapkan)
Masalah skenario
Kelompok Kerja
Kerja berbasis masalah
Siapkan komite penyelidikan laporan
Draft tawaran penelitian untuk singkat yang realistis
Analisa kasus
Konferensi kertas (atau catatan untuk makalah konferensi ditambah bibliografi beranotasi)

3. Melakukan prosedur dan menunjukkan teknik
(Perhitungan, mengambil bacaan, menggunakan peralatan, mengikuti prosedur laboratorium, mengikuti protokol, melaksanakan instruksi)
Demonstrasi
Bermain Peran
Membuat video (menulis naskah dan menghasilkan / membuat video)
Menghasilkan poster
Laporan laboratorium
Siapkan manual diilustrasikan pada menggunakan peralatan, untuk audiens tertentu
Pengamatan praktek profesional nyata atau simulasi

4. Mengelola dan mengembangkan diri
(Bekerja kooperatif, bekerja secara mandiri, belajar mandiri, menjadi self-directed, mengelola waktu, mengelola tugas, mengorganisir)
Jurnal
Portofolio
Kontrak Belajar
Kerja kelompok

5. Mengakses dan mengelola informasi
(Meneliti, menyelidiki, menafsirkan, mengorganisir informasi, meninjau dan informasi parafrase, mengumpulkan data, mencari dan mengelola sumber-sumber informasi, mengamati dan menafsirkan)
Bibliografi beranotasi
Proyek
Disertasi
Tugas Terapan
Masalah Terapan

6. Mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman
(Mengingat, menjelaskan, pelaporan, menceritakan, mengenali, mengidentifikasi, berkaitan & interrelating)
Ditulis pemeriksaan
Ujian lisan
Karangan
Laporan
Mengomentari keakuratan satu set catatan
Menyusun entri ensiklopedi
Menghasilkan A – Z dari …
Tulis jawaban atas pertanyaan klien
Singkat menjawab pertanyaan: Pertanyaan Pilihan Benar / Salah / Multiple (berbasis kertas atau komputer-aided-penilaian)

7. Merancang, menciptakan, melakukan
(Membayangkan, visualisasi, merancang, memproduksi, menciptakan, berinovasi, melakukan)
Portofolio
Kinerja
Presentasi
Hipotetis
Proyek

8. Berkomunikasi
(Satu dan komunikasi dua arah, komunikasi dalam kelompok, komunikasi verbal, tertulis dan non-verbal Berdebat, menjelaskan, advokasi, wawancara, negosiasi, presentasi;. Menggunakan bentuk tertulis yang spesifik)
Ditulis presentasi (esai, laporan, kertas reflektif dll)
Oral presentasi
Kerja kelompok
Diskusi / debat / bermain peran
Berpartisipasi dalam ‘Pengadilan Pertanyaan’
Presentasi ke kamera
Pengamatan praktek profesional nyata atau simulasi
Ragam dalam penilaian
Sangat menarik untuk dicatat bahwa hasil pembelajaran delapan tercantum di atas akan secara luas diharapkan dari setiap peserta didik lulus dari program pendidikan tinggi. Namun, ketika memilih item penilaian, kita cenderung untuk tetap dengan diketahui atau ‘mencoba dan metode yang benar’, karena mereka tampaknya memiliki cincin kehormatan akademis, atau mungkin karena itu adalah cara kita dinilai sebagai mahasiswa sendiri.
Dari pelajar ‘perspektif, bagaimanapun, sering tampak seolah-olah kita mengubahnya menjadi’ mesin esai memproduksi ‘atau’ pecandu pemeriksaan ‘. Ketika memilih metode itu penting untuk menawarkan variasi untuk peserta didik dalam cara mereka menunjukkan pembelajaran mereka, dan untuk membantu mereka mengembangkan satu set baik-bulat kemampuan pada saat mereka lulus.